Validasi dan Verifikasi Pendataan Program PKH Guna Pemberian Bantuan yang Tepat Sasaran

Balai Desa Gintung, Kamis Siang, 14 Desember 2017 — Hari ini diselenggarakan Validasi dan Verifikasi Pendataan Program PKH (Program Keluarga Harapan) oleh Tim Pendamping PKH dari Kecamatan Comal. Dalam acara tersebut tidak semua warga diundang tetapi menurut Tim Pendamping PKH warga-warga yang berkesempatan hadir pada hari ini diharapkan menyebarkan informasi ini kepada warga lain.

Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk memperbaiki Basisdata Terpadu Program PKH agar penerima bantuan dapat lebih tepat sasaran. Seperti yang dijelaskan oleh Tim Pendamping PKH bahwa warga yang telah memberikan datanya belum tentu lulus sebagai penerima bantuan. Dijelaskan lebih lanjut keluarga yang berhak memperoleh bantuan adalah Rumah Tangga Sangat Miskin (RTMS) yang memiliki anak balita, ibu hamil, anak sekolah (SD, SLTP, dan SLTA), lansia diatas 70 tahun, dan penyandang disabilitas berat.

Program PKH dari Kementerian Sosial Republik Indonesia memiliki tujuan mengurangi angka dan memutus rangkai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah prilaku yang tidak menudukung bagi peningkatan kesejahteraan dari kelompok warga kurang mampu. Agar penerima bantuan tepat sasaran sangat dibutuhkan data yang riil dan akurat dan sudah menjadi tanggungjawab dari berbagai lini pemerintah yang tombak ujungnya adalah Pemerintahan Desa dibantu oleh Pendamping PKH.


 

 

 
 

Redaksi: 141217/GTG-CML/1

Tinggalkan Balasan