Peta Pamsimas Desa Gintung

Sekretariat Tim Satlak Pamsimas, 31 Oktober 2017 — Tim Satlak Pamsimas Desa Gintung beserta Tim Faskel pada tanggal 31 Oktober 2017 telah menyelesaikan Peta Desa Gintung beserta batas-batas wilayah pemerintahan rukun tetangga, jalan raya dan permukiman, sungai serta saluran drainase dan irigasi. Peta ini nantinya akan dipergunakan dalam merencanakan penempatan sumur dalam, torrent, serta jaringan pipa yang akan mendistribusikan air bersih ke rumah-rumah warga untuk kemudian dipresentasikan ke tingkat Kabupaten.

Adapun metodologi yang digunakan dalam pembuatan peta ini adalah merekam koordinat GPS setiap sudut jalan yang dianggap sesuai dengan skala peta. Perekaman dilakukan dengan teknik screenshoot kemudian foto pada screenshoot dicocokkan dengan gambar foto udara keseluruhan Desa gintung yang telah disusun bersumber dari foto satelit Google Map. Koordinat-koordinat yang telah ditandai kemudian dihubung-hubungkan dengan perkakas path. Aplikasi yang digunakan cukup Adobe Photoshop saja.

Peta ini memiliki resolusi 72 dpi untuk ukuran cetak lebih dari 1 meter persegi. Skala bisa disesuaikan dengan ukuran cetak peta dan ukuran sebenarnya. Misal jarak 100 m yang ditemukan pada pengukuran sebenarnya pada cetakan peta panjangnya hanya 2 cm. Berarti skalanya 1:5000 cm.

Dengan peta yang akurat didukung oleh teknologi GPS dan Google Map, diharapkan menghasilkan proyeksi yang tepat dalam perencanaan. Dan ini merupakan salah satu perwujudan Desa Berdaya yang dihasilkan dari kerjasama tim yang baik, motivasi tinggi, dan kompetensi.

 

 
 

Redaksi: 061117/GTG-CML/1

Tinggalkan Balasan