Pembentukan Lembaga Keswadayaan Masyarakat dan Satlak Pamsimas Desa Gintung Kecamatan Comal Th. 2017

Balai Desa Gintung, 11 Oktober 2017 — Pada Tahun Anggaran 2018, Desa Gintung menjadi sasaran Program Pamsimas dalam pembangunan fasilitas penyediaan air bersih. Setelah Desa Gintung berhasil menyelesaikan Program Bantuan Jamban Keluarga dan mendeklarasikan desanya sebagai Desa ODF (Open Defecation Free atau Bebas dari Prilaku Buang Air Besar Sembarangan) bersama dengan 23 Desa lainnya di Kabupaten Pemalang, tugas selanjutnya membenahi akses air bersih bagi warganya.

Desa Gintung berada di dataran rendah dengan kemiringan rata-rata cukup landai dan berjarak sekitar kurang lebih 8 km dari bibir pantai. Keadaan ini menyebabkan masyarakatnya hanya mengandalkan sumur air tanah dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Sumur yang mereka miliki sebagian masih berupa sumur tradisional yang tidak terlalu dalam sehingga kualitas air menjadi kurang bersih dan pada periode musim kemarau panjang mengalami kekeringan. Sumur dalam yang dibangun secara perorangan pun banyak yang mengalami permasalahan setelah beberapa lama penggunaan.

Untuk itulah sudah dirasa penting membangun sebuah fasilitas penyedia air bersih bagi warga dengan pendampingan dari Program Pamsimas. Dalam pembangunannya, Desa akan dibiayai oleh ADD (Alokasi Dana Desa) yaitu dana yang digelontorkan dari DBH (Dana Bagi Hasil) dan DAU (Dana Alokasi Umum) dari APBD Kabupaten. Dan untuk pembangunan tambahan jaringan bisa menggunakan DD (Dana Desa) yang bersumber dari APBN. Untuk biaya penyambungan dari pipa jaringan ke rumah tangga akan ditarik iuran dari setiap Kepala Rumah Tangga yang bersangkutan.

Fasilitas yang akan dibangun ini meliputi: 1) Sumur Dalam dengan kedalaman 150 m di tanah aset Desa; 2) Torrent dengan ketinggian 9 m; 3) Pompa air dengan kekuatan 1½ – 2 liter / detik; dan, 4) Pipa jaringan berupa Pipa PVC Abu-Abu Ø 6 inci. Dipilih Sumur Dalam karena Desa Gintung tidak memiliki sumber air potensial lainnya seperti air sungai atau mata air. Dan sebelum Sumur Dalam ini benar-benar akan dipergunakan, kualitas airnya akan diuji terlebih dahulu. Dalam pembuatan Sumur Dalam ini nantinya akan dilelang kepada jasa pengeboran Sumur Dalam.

Selama masa perencanaan dan pembangunan fasilitas penyedia air bersih ini, Satlak (Satuan Pelaksana) Pamsimas Desa Gintung mengambil peranan utama tentunya dengan dibantu pendampingan dari Tim Faskel Kecamatan Comal terutama yang membidangi Program Pamsimas. Satlak ini bekerja di bawah tanggungjawab LKM dan bersifat sementara hingga mulai dioperasikannya fasilitas penyedia air bersih ini.

Daftar Anggota Satlak Pamsimas yang dibentuk dalam Rapat Pembentukan Satlak Pamsimas pada tanggal 13 Oktober 2017:

Ketua : Sukarman
Sekretaris : Hadi Widiharto
Bendahara : Kusnoto
Unit Kerja Teknis :

  1. Teko Suparto
  2. Riyanto
Unit Kerja Kesehatan (per dusun) :

  1. Yeni Kusumawati
  2. Supriyadi
  3. Eri Harjanti
Unit Penagihan Iuran : Zaenal Abidin

 

Bapak Amin dari Tim Faskel yang membidangi Pamsimas selaku pemateri.

 

Kegiatan Sosialisasi Pamsimas ini diikuti oleh segenap Ketua RT, RW, Kepala Dusun, tokoh masyarakat, dan kelembagaan swadaya masyarakat lainnya.

 
 

Redaksi : 051117/GTG-CML/01

Sekolah adalah rumah kedua bagi anak-anak kita. Mari jadikan lingkungan sekolah menyenangkan, aman, nyaman, dan ramah bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan