Bulan Imunisasi MR Gratis di Posyandu Desa Gintung

Desa Gintung, Jumat, 15 September 2017 — Setelah pelaksanaan Imunisasi MR (Measles/Campak Rubella) di Lembaga-Lembaga Pendidikan di Desa Gintung seperti PAUD Tunas Mulia, TK Pertiwi, dan SDN 01 Gintung pada 07 Agustus 2017 yang lalu, pada Bulan September 2017 ini Imunisasi MR gratis ini kembali diadakan di posyandu-posyandu di Desa Gintung. Imunisasi MR di Posyandu ini ditujukan bagi para balita mulai usia 9 bulan dan murid sekolah berusia hingga dibawah 15 tahun yang belum sempat mendapatkan Imunisasi MR di sekolah. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan oleh Pusling (Puskesmas Keliling) Sarwodadi Kecamatan Comal dibantu Ibu Bidan Desa Gintung (Ibu Yeni) dan Ibu-Ibu PKK / Pengurus Posyandu.

Adapun jadwal pelaksanaan Imunisasi MR di setiap Posyandu di Desa Gintung antara lain Posyandu Jambu Air Dusun I pada 11 September 2017, Posyandu Kelapa Hijau Dusun II pada 15 September 2017, dan Posyandu Puspita Sari Dusun III pada 20 September 2017. Menurut data yang dihimpun oleh Pengurus Posyandu dan TP PKK Desa Gintung, di Posyandu Jambu Air di Dusun I tercatat peserta Imunisasi MR sebanyak 70 anak dan di Posyandu Kelapa Hijau di Dusun II ini tercatat 36 anak. Sedangkan Posyandu Puspita Sari di Dusun III baru akan dilaksanakan 20 September nanti.

Teknis pelaksanaan Vaksinasi Campak Rubella ini dilakukan dengan cara disuntik pada pangkal lengan dengan dosis 0,5 cc atau 0,5 ml. Penyuntikan dilakukan oleh petugas dari Pusling Puskesmas Sarwodadi dan Ibu Bidan Desa Gintung (Ibu Yeni). Peserta Imunisasi juga diberikan parasetamol sebagai tindakan pencegahan terhadap pasca imunisasi dan hanya dikonsumsi jika terjadi demam.

Kegiatan Imunisasi MR ini juga dibarengi dengan kegiatan rutin posyandu seperti menimbang berat badan balita dan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Pusling Puskesmas Sarwodadi.

Pelaksanaan Imunisasi MR di Posyandu Kelapa Hijau Dusun II Desa Gintung

 
 

Redaksi : 170917/GTG-CML/01

Tinggalkan Balasan